2 siksaan akibat sembrono

2 siksaan akibat sembrono


Sebuah siksaan atau azab sebagai hukuman yang diberikan kepada seorang hamba yang telah melanggar perintah atau larangan tuhan-Nya. seorang hamba melanggar atauran yang telah di tentukan atau ditetapkan dengan sengaja. seperti kisah kali ini, akan menceritakan 3 orang sahabat nabi yaitu ka’ab bin malik, bilal bi umayyah, dan muroroh bin robiah 3 orang ini sebenarnya sahabat nabi dari golongan ansor yang selalu taat dan mengikuti perintah jihad akan tetapi ketika ada perintah untuk melakukan perang tabuk (perang terberat di jaman baginda Rasulullah s.a.w)  mereka tidak mau untuk melakukannya padahal tidak ada halangan dan alasan untuk tidak mengikuti perang tabuk tersebut. Dikutip dari kitab tafsir jalalain dikarang atau disusun oleh 2 orang yakni jalaluddin al-Mahalli dengan nama yang sesungguhnya adalah muhammad bin ahmad bin muhammad bin ibrahim bin ahmad bin Hasyim Al-Mahlli Al-Mishri Asy-syafi’i dan jalaluddin as-suyuti nama sesungguhnya ialah abdurrahman bin kamaluddin abi bakar bin muhammad sabiquddin bin fakhrudin bin utsman bin bin nashiruddin muhammad bin saifudin khidir al-khudhairi as-suyuti al mishri asy- syafi’i.
3 orang itu di sebut sembrono karena tidak mematuhi perintah rasulullah sehingga Allah memberikan 2 siksaan terhadap mrereka diantarnaya:

Bumi merasa sempit

Mereka tidak ikut dalam perang karena tidak ingin reepot dan selalu ingin di zona aman. maka Bumi berubah menjadi sempit padahal bumi itu begitu luas artinya ketika Allah menangguhkan pertaubatan 3 orang ini maka bumi yang  ditempati  oleh 3 orang ini  berupa menjadi sempit kendati asal mula yang luas. Allah menyiksa mrereka dikarenakan enggan untuk mengikuti perang pada saat perang tabuk. Akibat tidak mau mengikuti sunah rasul maka  Allah menjadikan bumi tempat yang sempit untuk berjalan bingung untuk berpindah hati dan mereka itu sedih ,gundah dan tidak pernah merasakan kesenangan. selain itu siksaan berupa ketika meninggal dunia bumi tidak akan menerima jenazah atau mayat  bagi yang di kuburkan. Siksaan itu bukan hanya untuk orang yang tidak mengikuti perintah perang saja namun berlaku bagi seluruh orang yang mengindahkan perintah  Rasul dan Allah. Namun mereka mempunyai dugaan bahwa  tidak ada tempat untuk berlari dari siksaan Allah kecuali kembali kepada Allah.

Hati merasa sempit

Allah memberikan siksaan berupa hati 3 sahabat ini merasa sempit yakni merasakan kesusahan,merasa kegelisahan dan didalam hati mereka tidak merasakan kebahagiaan atau ketenangan akibat dari perbuatan yang telah dilakukannya.melihat kenyataan ini mereka merenung akibat apa yang telah dilakukannya berupa tidak mengikuti sunah rasu l-Nya. Sehingga Allah memberikan pertolongan kepada mereka agar bisa bertaubat kemudian merekapun melakukan pertaubatan berupa taubat yang sesungguhnya kepada Allah. Allah pun menerima taubat mereka sesungguhnya Allah adalah dzat penerima taubat dan dzat Maha penyayang di hari kiamat.
Jadi, pada dasarnya kita harus mengikuti perintah Allah dan Rasul dalam keadaan apapun apalagi jika tidak ada halangan untuk melakukannya.Nah, pertanda Allah masi menolong hambanya apabila seorang muslim atau muslimah hatinya tidak ada ketenangan ketika tidak melaksanakan perintah Allah, namun apabila ketika hatinya merasa biasa saja  tidak gelisah dan tidak mersakan kegundahan walaupun tidak melaksanakan apa yang diperitahkan tuhan-Nya jika itu terjadi maka pertanda  akan akan memberikan 2 azab berupa bumi akan mersa sempit dan hati yang merasa sempit. Solusinya jika kita merasa melakukan kesalahan maka  bersegeralah untuk bertaubat  atas perbuatan yang telah kita lakukan  tersebut.
Semoga dapat bermannfaat.

baca juga artikel menarik lainnya
Ada 27 ayat ber-tag "siksaan allah sangat pedih"


Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget