3 cara mengubah perilaku anak

3 cara mengubah perilaku anak 

pendidikan akhlak dari orang tua, pendidikan ialah mengajarkan seseorang menjadi berkualitas,bisa beradaptasi dengan lingkungan secara cepat dan tepat dan berorientasi pandangan yang luas untuk ke depan untuk mencapai cita-cita yang diharapkan  serta memiliki akhlak yang baik.pendidikan akhlak dari orang tua memiliki peran yang sangat penting, karena peran orang tua sebagai guru utama dan pertama bagi anak.pendidikan juga berupakan hal yang sangat penting  dan urgent dalam kehidupan manusia,  dimana segala tindakan membutuhkan ilmu pengetahuan. lalu apakah hubungannya dengan pendidikan akhlak dari orang tua? pendidikan akhlak sangat di butuhkan apalagi dari orang tua memiliki peran penting yakni sebagai akar atau pondasi seorang anak untuk masa depan sesuai yang di ajarkan orangtua. Nah , ini 2 pentingya pendidikan akhlak dari orang tua di antaranya  :

penerapan agama dengan baik


 ilmu agama sangat penting untuk diterapkan dalam pendidikan anak untuk memperoleh akhlak yang baik dan berkualitas, seorang anak akan lebih mudah menerima pendidikan akhlak jika didik dari orang yang terdekatnya seperti orang tua,teman , saudara. karena jika mengetahui agama dengan baik akan menimbulkan akhlak yang baik pula. Dan peran orang tua dan guru untuk menuntun seorang anak menjadi beriman  dan  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,mandiri,  menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, dan memperkuat penyempurnaan agama.  Dan dari 100% responden diperoleh kedua orangtua  yang bekerja . 60% cenderung  memiliki moral dan kepribadian sedang,30% memiliki kepribadian buruk dan 10% memiliki kepribadian baik. Bagi orang tua yang ibunya tidak bekerja cenderung memiliki moral kepribadian baik dan  mendekati  sangat baik.

Melakukan contoh dan tindakan nyata

 

tindakan nyata perlu dilakukan seorang guru untuk mencotohkan perbuatan baik,  karena seorang anak akan lebih mudah mencerna dan meniru apa yang dilakukan gurunya dalam kesehariannya. Sehingga seorang guru memiliki peran penting bagi siswa selain hanya mengajarkan tetapi juga harus mencontohkan perbuatan baik dalam mengajar karena seorang anak sebagian besar tergantung faktor pada lingkungannya. agar apa yang dicontohkan perbuatan baik seorang guru dan orang tua dapat ditirukan seorang anak. apabila guru mengajarkan perbuatan baik namun tidak diimbangi dengan contoh tindakan  baik dari guru tersebut secara nyata maka jangan harap siswa tersebut akan mengikuti apa yang diajarkan guru tersebut.

Penerapan pendidikan karakter 

Pendidikan karakter adalah bentuk tindakan yang diperuntukan mendidik generasi selanjutnya dengan memberikan suatu karakter atau melatih kemampuan  sikap dan perilaku  dengan tujuan kearah hidup lebih baik. Pendidikan ini sangat berperan penting tentunya bagi seorang anak. Dan setiap anak memiliki karakter yang berbeda inilah 4 karakter anak : Koleris yakni memiliki ciri pribadi yang suka mandiri,tegas,rapi,dan menyukai tantangan.sanguin yakni bercirikan menyukai hal praktis,bahagia dan slalu  ceria,suka kejutan,suka sekali dengan kegiatan sosial. melankonis yakni bercirikan  teliti,menahan kemarahan,perfeksionis,menyukai kegiatan bersifat rutin. Plegmatis yakni bercirikan menyukai kerjasama,menjauhi konflik, menyukai perubahan secara mendadak.peran orang tuapun memiliki peran sangat penting untuk membentuk karakter dan moral kepribadian anak yaitu dengan melalui pendidikan yang dipraktikan melalui sikap perbuatan atau teladan dalam kehidupan sehari-hari. Ada pula orang tua yang beranggapan  bahwa pendidikan dalam keluarga kurang perlu setelah pendidikan anaknya telah diserahkan kepada pendidikan formal (sekolah).padahal orang tua harus selalu membimbing prilaku anak.

artikel menarik lainnya

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget