3 amalan sunah dilakukan di hari jumat



3  amalan sunah dilakukan di hari jumat

 


Hari jumat merupakan harinya umat islam diseluruh dunia maksudnya yakni hari spesial bagi umat islam karena di hari jumat terdapat keutamaan tersendiri. Dimana di hari jum’at terutama di malam jumat ada beberapa perbuatan yang wajib dilakukan seperti membaca ayat tertentu, melakukan shalawat dan berdoa. Nah langsung saja penjelasannya simak dengan baik yah teman.

Membaca shalawat



Penjelasan pentinya shalawat  dikutip dari terjemahan kitab Fathul mu’in hal 43 bahwa Disunahkan pada hari maupun malam juma’at untuk memperbanyak membaca shalawat nabi s.a.w. hal ini dilihat dari beberapa hadits shohih yang memerintahkan untuk memperbanyak membaca shalawat pada waktu tersebut. Membaca shalawat pada siang atau malam hari adalah lebih utama dari pada memperbanyak dzikir yang lain atau memperbanyak membaca al-qur’an. Menurut imam thalib al-mahi paling sedikit dikatakan membaca shalawat nabi ialah membaca shalawat minimal 300 kali.” Rasulullah s.a.w pernah bersabda barang siapa yang membaca shalawat nabi dengan baik dan benar sebanyak 7 jum’at dan setiap jum’atnya membaca 7 kali maka akan ditetapkan baginya untuk mendapatkan syafa’at dari nabi. Nah itulah keutamaan yang akan di dari bacaan shalawat yang dibaca atau di lontarkan. Selain itu yang melakukan shlawat bukan hanya penduduk bumi saja namun penduduk langitpun ikut bershalawat seperti para malaikat.

Membaca surat Al- Kahfi


Dalil tentang kesunahan  membaca surat al-kahfi pada siang maupun malam jum’at adalah beberapa hadits berikut ini :
Nabi pernah bersabda “Barang siapa membaca surat al-kahfi pada hari jum’at maka orang tersebut akan mendapatkan sinar cahaya dari Allah antara satu jum’at sampai jum’at yang lain.”
Bagi yang membaca surat Al-kahfi pada malam jum’at atau hari jum’at maka dirinya akan diberikan cahaya pencerahan dari tempat makkah,akan diampuni baginya sampai jum’at berikutnya, dimintakan ampun oleh 70.000 malaikat sehingga waktu subuh datang serta dijaga dari penyakit baik penyakit boros maupun penykakit judan dan juga dijaga dari pertemuan dajjal.
sehingga dari keutamaan hadits tersebut bahwasanya di anjurkan membacanya karena betapa pentinya membaca surat Al-kahfi  pada hari jum’at.

Perbanyak Berdoa


Disunahkan memperbanyak doa pada hari jum’at saiang atau malam hal ini dikarenakan untuk berharap bisa bertepatan dengan waktu dikabulkannya doa. Adapun waktu yang lebih diharapkan terkabulnya sebuah doa yaitu dimulai duduknya sang khotib sampai akhir pada hari jum’at (shalat ashar). Salah satu keutamaan di hari jum’at ialah di kabulkannya sebuah doa yakni ketika khotib duduk diantara 2 khutbah. Waktu mustajabah tersebut Namun waktunya sebentar dan sangat samar. Berdasarkan riwayat hadits marfu’ yang disampaikan oleh imam syafi’i bahwasanya “ berdoa pada malam jum’at itu merupakan doa yang akan dikabulkan dan beliau sendiri menentukan hukum sunah untuk menentukan hukum sunah pada malam jum’at. Selain berdoa kita di hari jum’at di anjurkan untuk melakukan amal baik semisal itu memperbanyak bersedekah dan lain sebagainya.
Nah itulah beberapa perbuatan yang di anjurkan bahkan di perintahkan untuk melakukannya, jadi kesimpulannya bahwa hari jum’at baik siang atau malam sebaiknya di gunakan sebaik mungkin baik untuk melakukan seperti yang dijelaskan di atas atau pun di gunakan untuk menyibukkan diri sendiri dengan melakukan dzikir, membaca Al-qur’an yang terpenting dapat bernilai positif dan kalau bisa dilakukan secara istiqomah.
Sekian penjelasannya semoga membawa manfaat.


 baca juga artikel menarik lainya
Keistimewaan Hari Jum’at Yang Pertama Adalah Terdapat amalan wajib bagi laki-laki yaitu menunaikan sholat jum’at

2 siksaan akibat sembrono






Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget