4 pakain ala santri orang muslim wajib tau



4 pakain ala santri orang muslim wajib tau 

 


Ada beberapa pakaian santri yang perlu kalian ketahui ketika di gunakan di pesantren yakni pakain yang biasa menjadi ciri khas seorang santri. Nah, disini saya akan membagikan tentang 3 pakain ala santri yang wajib diketahui ole seluruh orang muslim tentunya.Nah diantaranya 


Sarung 


Sarung ialah pakaian yang  biasanya dikenakan oleh santri salaf  atau kitab dalam keseharian dan mencirikan kesederhanaan  dalam berpakaian dengan bentuk lebar yang kemudian pemakaian biasa saya lebatkan pada pinggang tujuannya untuk menutup bagian bawah tubuh. Sarung juga disebut dengan futah dan dikenal dengan nama izaar,wazaar atau ma’awis. sarung di indonesia biasa digunakan untuk pergi ke masjid. Yang membedakan sarung luar negeri dan indonesia adalah sarung terbuat dari songket,tapis dan kain tenun. saya mau sedikit cerita teman, pada awalnya saya merasa keberatan saat pengasuh menganjurkan untuk memakai sarung ketika di pondok di khawatirkan lepas  atau kedodoran dan ternyata dugaan saya benar ketika masi baru pertama memakai sarung saya pernah mengalami keplorot  pada saat membersihkan rumah pengasuh  walaupun aku memakai celana bahan tetapi tetap saja saya merasa malu karena terlihat tidak bisa memakai sarung di depan teman yang lain walaupun mereka memaklumi karena saya masi belajar. Ternyata ada teknik khusus untuk memakai sarung. Ada 10 fakta menarik tentang sarung yang  biasa dipakai oleh santri yakni 1.berasal dari nyaman sejarah mencatat kalau sarung berasal dari timur tengah alias yaman, 2.sebagai simbol keagamaan, 3. Identitas zaman perjuangan, 4. Mempunyai corak berbagai macam, 5. Dimodifikasi menjadi celana sarung, 6.sarng masuk indonesia pada abad XIV, 7.menunjukkan kewibawaan, 8. Dipakai sebagai busana adat, 9.kain khas indonesia, 10.multi fungsi.selain itu sarung di gunakan oleh semua santri baik santri putri maupun santri putra.

Gamis




Gamis merupakan gabungan antara pakaian atasan dengan bawahan yang di satukan. mulai berkembangnya  zaman gamis semakin bervarian jenis diantaranya model baju gamis brokat,model gamis blazer dll.namun gamis di pesantren lebih mencirikan kesederhanaan baik dari corak,model, bentuk, warna.sehingga gamis yang digunakan para santri ketika di pondok  tidak glamor dan mewah karena hal itu tidak begitu dipentingkan. Bagi para santri pakaian apapun yang terpenting adalah dapat menutupi aurat dan sesuai ketentuan syariat yang telah ditentukan tidak harus bernilai mahal. Memakai gamis biasanya di wajibkan di pesantren tertentu.


Daster


Jangan salah loh para santripun memakai pakain daster ketika di pondok namun hanya di gunakan jika untuk tidur saja bukan untuk aktivitas mengaji. Jadi, biasanya baju tidur santri adalah daster.
Baju jubah
Baju jubah atau sering kita sebut dengan nama gamis. Jubah merupakan pakain yang memiliki panjangnya hingga dibawah lutut,  biasa digunakan oleh  orang arab dan memiliki lengan panjang. selain itu juga biasa di pake oleh santri saat dipesantren dan ada beberapa pondok pesantren tertentu yang mewajibkan memakai jubah dalam kesehariannya.


Sorban

 


Sorban atau dalambahasa arab di sebut dengan imamah yang  merupakan kain yang  biasa digelung dan di kenakan di bagaian kepala. Ada 2 macam yang sejenis dengan imamah yakni Ghutrah dan syimagh, kalau syimagh memiliki bebagai corak varian warna namun kalau ghutrah hanya berwarna putih.
Nah, itulah beberapa pakaian yang biasa di kenakan oleh santri ketika  berada di pesantren, pada dasarnya pesantren boleh menggunakan pakaian apa saja yang penting selagi menutupi aurat namun ada ponpes tertentu yang mewajibkan hanya pakaian tertentu yang digunakan saat berada di ponpes. Sekian sedikit penjelasan mengenai pakain yang biasa dikenakan para santri.
semoga dapat bermanfaat.


baca  juga artikel menarik lainnya



Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget