5 masakan ala santri wajib diketahui

 5 masakan ala santri  wajib diketahui 

Santri adalah sebutan  bagi  seseorang  yang menetap untuk  mencari ilmu agama di pesantren. Seorang santri beberda  dengan orang yang hanya mencari ilmu agama saja. seorang santri lebih mengutamakan pendidikan akhlak dan santri lebih dikenal dengan kesederhanaan nya.santri pun memiliki 5 pilar yakni kesederhanaan, keikhlasan, kemandirian, kedisiplinan, kesopanan. Dan saya masi teringat perkataan perkataan ustad saya kalau” tri santri makanan lah yang kepenak atau makanlah yang enak “ maksudnya itu  jangan makan jika belum benar merasakan lapar karena apabila makan ketika benar –benar lapar akan merasakan kenikmatan makanan tersebut. Berbicara makanan saya akan berbagi cerita tentang masakan apa sajakah yang biasa atau sering dikonsumsi santri. Nah di antaranya sebagai berikut ;

Tumis kanggkung

Makanan yang cukup populer di indonesia dan termasuk menu favorit sebagian orang  yang terbuat dari sayur kangkung yang biasa di jadikan lauk atau pendamping nasi.  terkesan sederhana dan mudah cara membuatnya. Sayur kangkung nya pun sendiri mudah kita dapatkan di pasar. Selain itu tumis ini memiki khasiat untuk kesehatan yaitu memiliki sifat anti racun yang dapat mencegah racun yang masuk kedalam tubuh, mencegah katarak,menjaga kesehatan usus, mencegah anemia,mencegah osteoporosis. Bumbu dapur yang di butuhkan hanyalah bawang merah,putih,cabai merah,garam,ladaku. Masakan ini serin di sajikan untuk lauk santri.hampir setiap roan atau kerja  bakti pondok pasti masak tumis kangkung.

Oreg


Oreg merupakan salah satu makanan  yang disukai sebagian orang indonesia.mungkin pembuatan nya yang cukup mudah dan  bahan tempe yang mudah kita dapatkan di pasar atau warung terdekat. Atau kita bisa membuatnya sendiri. negara indonesia  termasuk  penghasil  produksi tempe terbesar. Selain itu tempe memiliki cukup banyak kandungan antara lain mengandung karbohidrat,serat pangan,kalsium,zat besi,protein nabati ,vitamin B,forfor dan manfaat bagi balita dan anak-anak  dapat mencerdaskan anak,meningkatkan funsi otak,meningkatkan masa fungsi otak anak.

Sayur asem dan ikan asin

 

Sayur asem dan ikan asin tidaklah asing bagi kita tentunya bag i orang indonesia.masakan ini hampir di setiap acara pondok saya menyajikan menu tersebut di rumah begitu pula di pesantren.cara pembuatanya yang begitu  mudah selain sayur  asem  memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya :  mengatasi masalah lambung , meningkatkan nafsu makan,mengobati meriang,mengatasi radang tenggorokan, menurunkan kolestrol,menjadi  otak  fres kembali,menjaga stabilitas kadar asam basa tubuh, anti kanker, mengobati nyeri. Ngga kalah loh,selain harganya yang cukup terjangkau  ikan asin pun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya yaitu  mencegah  terjadinya anemia, membantu mempercepat  penyembuhan luka, menjaga daya tahan tubuh.

Urab

Urab adalah  makanan yang berbahan yang terdiri dari sayur-sayuran seperti  wortel, kanngkung,bayam, kacang panjang,toge dan tidak lupa kelapa parut. Dan biasa orang jawa menamakan dengan sebutan rumba. Makanan urab ini biasa di konsumsi  oleh santri untuk lauk sehari-hari karena memiliki kandungan protein 2,76 gram, lemak 3,42 gram, 84 kilokalori,kaerbohidrat 12,06 gram. Selain itu urab memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan diantaranya mengobati penyakit kanker,mengatasi lemah pada jantung,tualng menjadi kuat,meningkatkan sistem imun dalam tubuh,untuk obat lambung,mencegah menuaa,membersihkan darah dari racun.

kunjungi artikel menarik lainnya

Sayur lodeh


Sayur lodeh sudah terkenal  karena sayur ini merupakan masakan khas indonesia yang menggunkan kuah santan dan orang  jawa  biasa menyebutnya dengan sebutan “jangan lodeh”. Cara membuatnya pun mudah selain itu bahan yang dibutuhkanpun mudah ditemukan di penjual sayur keliling.beberapa manfaatnya yakni untuk menambah stamina, meningkatkan nafsu makan,melancarkan buang air kecil,meningkatkan kecerdesan, mengatasi sembelit, mencegah kolestrol tinggi,melembabkan kulit,mengatasi mual,penstabil mood,mencerahkan kulit.
Nah itu beberapa menu masakan yang biasa di hidangkan sebagai lauk santri di pondok pesantren. Semoga bermanfaat.



Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget