5 peraturan wajib diketahui sebelum mondok


5  Aturan wajib diketahui di pondok



Bagi kamu yang ingin mondok atau baru pertama kalinya mondok  namun ingin mengetahui tentang peraturan pondok jangan bingung dan risau, saya akan membagikan atau bercerita sedikit tentang peraturan yang telah ditetapkan dipondok saya yaitu di darul ulum addiyah yang beralamat di jalan saputra 9 belok kanan, kecamatan kedawunng kabupaten cirebon. Pondokan ini memiliki beberapa aturan yang harus di taati tentunya langsung saya diantaranya;

Tidak diperkenankan menggunakan kaos



Kaos itu tidak di anjurkan untuk digunakan dalam keseharian di dalam atau di luar pondok apalagi untuk mengikuti mengaji baik ngaji kitab ataupun al-qur’an. Kalau ada perkataan yang terlontar   “ sayang dong  kaos saya yang banyak tidak di pakai berarti tidak bermanfaat dong ?” tenang teman jangan galau dan bersedih hati. kaos yang kita punya masi bermanfaat kok, masi boleh digunakan di dalam kobong (kamar) baik untuk tidur dan lain sebagainya.

Jam sepuluh malam hp harus dikumpulkan




Pada awalnya mah saya keberatan dengan peraturan ini namun kalau untuk demi kebaikan kenapa tidak setuju. Memang kita mengetahui kalau  namanya hp itu kan alat komunikasi yang penting dan kita tidak bisa jauh dari hp,apalagi yang kuliah pasti butuh banget. Namun kita juga harus menyadari kalau posisi tempat tinggal kita di pondok jadi harus mengkuti aturan dong. Toh dengan adanya aturan ini tentunya mempunyai tujuan baik untuk kita. Tujuan di kumpulkannya hp itu dengan maksud agar para santri tidak kesiangan melakukan shalat subuh dan ngaji kitab tafsir pun tidak mengantuk aja. Tapi tetap  saja banyak yang mengantuk dan molor termasuk saya sendiri.namun terkecuali hari minggu hp tidak di kumpulkan.

Shalat berjama’ah




Bagi santri yang sedang berada di pondok Di wajibkan untuk melaksanakan shalat berjama’ah   5 waktu. Bagi santri yang tidak ikut melaksanakan shalat berjama’ah  mendapat sanksi berupa denda  yakni per raka’at seratus rupiah. diadakannya sanksi tersebut sebagai pemacu semangat para santri untuk melaksanakan shalat jama'ah tersebut. Agar para santri belajar disiplin dalam  shalat berjama’ah dan terbiasa melaksankan shalat jama’ah walaupun suatu saat tidak berada di pondok atau keluar dari pondok. Selain itu keutamaan yang di dapatkan dari shalat jama’ah banyak sekali seperti mendapat pahala 27 derajat, memudahkan hisab dll.

Pulang di jadwalkan




Di pondokan saya untuk pulang kerumah pun dijadwalkan yakni sebulan sekali lebih tepanya 3 hari atau dua hari satu malam. Tujuannya mungkin agar para santri  belajar mandiri. Bagi santri yang pulang terlambat tidak sesuai jadwal pulang akan di kenakan denda per hari wajib membayar 50.000,00. Tujuan sanksi tersebuut agar santri belajar dewasa dan menumbuhkan kesadaran pada diri sendiri dan belajar bertanggung jawab saja.

Jam belajar



di pondokan ini ada waktu tertentu yang dimana semua santri harus berkumpul di majlis untuk melakukan belajar,  belajarnya harus di majlis bukan hanya belajar al-qur’an tetapi berupa mengerjakan tugas  untuk kuliah harus membawa laptop dan di kerjakan di majlis, dan baca buku. Jadwal belajar pun waktunya di tentukan dari pukul setengah tujuh hingga setengah delapan Pada dasarnya peraturan dibuat untuk kebaikan para santri sendiri dengan bertujuan baik serta memiliki dampak baik, bukan untuk memberatkan santri namun puncak dari pendidikan adalah membangun kesadaran. Tujuan utama di adakan dan tetapkan aturan ini untuk membangun kesadaran tentunya.
Sekian dari sayasemoga dapat sedkit  membantu dan bermanfaat.
kunjungi dan baca  artikel begitu menarik lainnya



Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget