3 Do’a ketika munajat menurut imam abi sulaeman addarani

3 Do’a ketika munajat menurut imam abi sulaeman addarani

Ketika seseoang bermunajat kepada Allah di malam hari terdapat 3 ucapan yang di panjatkan. Ucapan tersebut yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah. Sebaiknya do’a ini di panjatkan ketika bermunajat di malam hari atau waktu sepertiga malam. Do’a tersebut 3 diantaranya:

Wahai Allah jikalau engkau menyiksaku dengan sebab dosaku maka sungguh akupun akan memohon kepada Mu untuk mendapatkan ampunan Mu

Seseorang  harus memohon ampunan kepada sang Maha Pengampun yaitu Allah dikarenakan ampunan Allah lebih luas ketimbanng dosa kita. Do’a ini biasa di panjatkan ketika seseorang detik – detik menjelang kematian akan tiba. Namun sebaiknya do’a meminta ampunan tersebut di panjatkan setiap hari tidak dipanjatkan  hanya akan menjelang kematian saja. Nasehat imam syeh namawi “Sifat Rahim Allah lebih mendahului  dari sifat murka Allah.” Sifat Rahim Allah akan di berikan kepada seluruh orang mukmin  di akhirat  kelas. Ketika  semua manusia sangat mengharapkan dan membutuhkan rahimnya allah tersebut namun Allah hanya memberikan tersebut kepada orang mukmin.

Jikalau engkau menyiksaku jangan sebab kebakhilanku maka saya memohon kepada Mu untuk mendapatkan kemurahan

Perkataan kebakhilan yang di maksud dalam hal ini adalah tidak mau melaksanakan perintah ibadah kepada Allah yang wajib dan sunah. Apabila  seseorang melakukan ibadah hanya mengingkan mengerjakan yang wajib saja maka masi akan mendapat siksa. Karena ibadah sunahpun di anjurkan dalam hal ini. Contoh melaksanakan shalat wajib namun tidak melaksanakan shalat sunah padahal shalat sunahpun di anjurkan dilakukan untuk penyempurna shalat wajib tersebut. Karena mungkin saja shalat wajib yang telah dilakukan belum sempurna menurut Allah.

Jikalau engkau  memasukkan diriku kedalam neraka maka saya akan mengabarkan kepada ahli neraka bahwa saya adalah yang yang mencintai Mu

Menurut imam abi sulaeman addarani bahwasanya orang yang cinta kepada Allah lebih agung dari lainnya maka ia tidak pantas untuk masuk kedalam neraka. Walaupun akan masuk kedalam neraka hanya sebentar dan bersifat sementara. Selain itu diKarenakan orang mukmin mendapat siksaan neraka tidak akan lama. Orang yang mencintai Allah maka Allahpun akan mencintai seseorang tersebut kemudian Allahpun tidak akan tega memasukan dan menyiksa orang yang mencintainya kedalam panasnya api neraka yang membara. Menurut imam ghozali memaknai sebuah cinta bahwasanya cinta itu apabila telah mengalahkan hawa nafsu untuk mementingkan diri sendir. Yang di maksudkan dalam hal itu seseorang yang mencintai Allah tidak boleh mementingkan  atau mengutamakan ego diri sendi
Namun perlu disadari bahwa munajat yang dilakukan kepada Allah harus dengan penuh keikhlasan atau dari hati yang begitu tulus hanya mendapatkan ridho dari Allah. Seharusnya ibadah apapun yang dilakukan tidak mengharapkan fadilah atau keutamaan dari ibadah yang telah dilakukan tersebut. Karena Allahpun akan  memberikannya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai 3 D0’a ketika munajat menurut imam abi sulaeman addarani. Tentang munajat memohon ampunan kepada Allah. Kita sebagai makhluk yang lemah harus selalu momohon ampunan –Nya. Sekian somoga bermanfaat.
kunjungi juga artikel
5 Keutamaan surat al-mulk
 4 Pilar Sukses Ala Wildy Istimror

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget