3 Tips Sukses dalam Segala hal



3 Tips Sukses dalam Segala hal

Orang sukses dalam hidupnya tidak banyak memiliki alasan untuk melakukan perkara dalam artian TIDAK ada sulit bagi orang sukses. Apa maksud dari perkataan tersebut? Apakah semua pekerjaan orang sukses menjadi mudah? Tidak demikian maksudnya. Perkataan tersebut tidak bisa diartikan secara denotatif. Pekerjaan yang sulit tetap saja sulit. Yang perlu diperhatikan di sini adalah tidak ada kata “SULIT” artinya meski pekerjaan itu memang sulit, namun orang sukses tidak akan mengatakan itu sulit. Apabila kamu mengatakan itu sulit kemudian kamu tidak melakukannya, kamu punya alasan yang menurut kamu kuat, yaitu sulit. Kata sulit sering menjadi alasan untuk menutupi kemalasan. Ada 3 hal yang dapat membangun kesuksesan diantaranya;

Self Monitoring


 Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah sel monitoring. Merupakan observasi dan pemantauan terhadapa apa yang telah dilakukan selama ini.  Contoh kasus semisal masalah PHK, maka sel monitoring harus kamu lakukan sebelum dan sesudah mengalami PHK, meliputi mengapa mengalami penurunan motivasi serta mengapa setelah ada informasi mengenai PHK, kamu tidak menjadi bersemangat  dan tidak melakukan sesuatu  yang dapat mengubah keadaan serta posisi diri. Kemudian berdasarkan penelitian terhadap diri sendiri atau introspeksi ,seharusnya  mulai berfikir apakah yang harus dirubah dari diri sendiri, apakah mengenai tindakan, perbuatan, sikap dan kebiasaan.apakah dalam diri sering  bersikap pesimis,menunda-nunda,  menyalahkan keadaan, menggantungkan diri kepada pihak lain.

Self Evaluation

 

Berdasarkan pemantauan dan observasi diri yang dilakukan melalaui langkah ini, ditentukan kamu harus memikirkan apa yang harus dirubah dan dicapai (performance criterion). Kemudian, dibandingkan apa yang telah dilakukan dan apa yang ingin dicapai (performance criterion) kemudian kamu akan menentukan tindakan-tindakan apa yang harus kamu lakukan untuk memenuhi kriteria tersebut.

Self Reinforcement

 Langkah ketiga yang harus kamu lakukan adalah melakukan Self reinforcement,yaitu dengan menyusun “ganjaran“ (reward) atau “hukuman” (Punishiment). Apabila kamu telah telah mengubah suatu kebiasaan. Baik itu dari segi sikap, perbuatan, perkataan, tindakan, maka kamu dapat memberi reward  pada dirimu sendiri karena telah berhasil mengubah kearah kebiasaan baik. Namun apabila kamu masi melakukan kebiasaan buruk atau yang seharusnya ditinggalkan  maka kamu harus memberikan punish  atau hukuman terhadap dirimu sendiri.
Itulah tiga langkah dasar yang dapat kamu gunakan untuk meraih kesuksesan yang tidak menggantungkan kepada yang lain untuk mengubah dan memotivasi diri kamu. Karena diri sendirilah yang bertanggung jawab terhadap dirimu dan yang lebih mengetahui seluk beluk atau memahami diri sendiri. Motivasi itu berkaitan erat dengan bagaimana cara kamu untuk berfikir, berimajinasi, berfantasi dan merencanakan sesuatu dll. Kamu membutuhkan motivasi untuk mengubah kebiasaan diri yang sulit diubah dan tidak begitu menyenangkan. Sekian mengenai penjelasannya semoga bernanfaat.
 kunjungi juga artikel menaruk lainnya
4 Strategi Menghadapi Masalah
5 Wanita Inspiratif Indonesia Yang Berprestasi Ke Mancanegara


Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget