4 cara menghilangkan kejenuhan di pondok

4 cara menghilangkan kejenuhan di pondok

Bagi kamu seorang santri dipondok pesantren pastinya mengalami kejenuhan baik jenuh karena kegiatan atau peraturan begitu membosankan maupun jenuh akibat teman yang tidak sesuai keinginan kamu. Memang pada awal-awal pondok begitu rasa semangat menggebu-gebu dalam hati namun di pertengahan rasa semangat itu mulai menurun serta problempun mulai bermunculan dan pasti kamu akan mengalami kejenuhan, kesal begitu menyebalkan, capek dll. Nah, untuk mengatasinya ada 5 cara diantaranya;

membaca Al-Qur’an

ini adalah salah satu solusi untuk menghilangkan jenuh di pondok, kamu membaca al-qur’an dengan penuh penghayatan, di lagu-gukan dengan begitu tartil dan tenang ketika membacanya. Kamu bebas mau menirukan bacaan imam siapa saja sekiranya yang disukai. Jangan terburu-buru ketika membacanya karena pengalaman saya, apabila  saya membaca secara ngebut-ngebutan atau terburu maka saya tidak memperoleh ketenangan dalam hati. Selain itu ada banyak manfaat yang dapat kamu rasakan dengan membaca al-quran antara lain; hati akan menjadi tentram, damai, nyaman, tenang, mencerdaskan otak dalam berfikir, dapat meredahkan amarah, menghilangkan stres, dapat menyembuhkan beberapa penyakit dalam hati dll.

Membuat kreasi

Nah, ini juga bisa dijadikan solusi untuk mengilangkan kebosanan atau jenuh ketika berada dipondok. Kamu membuat kreasi atau melakukan hal kreatif yang kamu sukai semisal kamu suka merajut maka gunakan waktu ketika jenuh untuk membuat rajutan atau menggambar, membuat aksesoris dll. Tuangkan hobi kamu ketika kamu merasa jenuh sehingga waktu tidak terbuat sia-sia dengan melamun yang tidak berguna.

Lakukan sesukamu

Melakukan hal yang paling kamu sukai ingat bukan hanya di sukai tapi terpaling di sukai, semisal memasak. Ketika rasa jenuh, bete, kesal yang bertubi-tubi timbul maka segera hilangkan dengan memasak tentukan membuat masakan yang kamu paling sukai entah masakan berat, entah itu berupa kue, makanan ringan atau cemilan dll. Mungkin dengan cara bernyanyi bisa menghilangkan rasa bosan baik itu bernyanyi sholawatan, pop dll. Sekiranya membawa dampak baik dan tidak membuat rugi orang lain.

Jangan memikirkan hal luar pondok

Maksudnya kamu tidak usah memikirkan apa yang terjadi diluar pondok, sudah kamu memikirkan apa yang dipondok saja. Dan ingat tujuan awal kamu dateng ke pesantren sehingga kamu jangan terpengaruh dari gangguan luar yang membuat kamu turun semangat kemudian menjadi jenuh. Kamu harus mengindari teman-teman yang hanya membawa ke arah negatif. Kamu ketika sedang malas maka renungkan dalam hati, apakah mondok baik untuk saya? Iya memang baik. Nah, kalau jawabanya begitu, kenapa harus ada rasa malas. Dan ada satu hal yang harus di ingat bahwa peraturan pondok pesantren manfaatnya itu kebaikan dirimu sendiri. Kamu didik di pondok untuk menjadi pribadi yang baik.
Sekian mengenai 4 cara menghilangkan kejenuhan di pondok, semoga bisa membawa manfaat.

 baca artikel lainnya


Waspada !!! 4 Keadaan Orang Yang Celaka 
5 Strategi Pembelajaran Abad 21 Yang Perlu Diketahui Para Guru



Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget