4 Strategi Menghadapi Masalah


4  Strategi Menghadapi Masalah

Masalah merupakan kenyataan yang terjadi  namun tidak sesuai harapan. Masalah atau problem pasti akan dialami oleh semua orang dan tidak semua orang bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara yang baik. Terkadang ada yang melampiaskan mencari solusi dengan lari kearah negatif seperti melakukan tindakan kriminal, pecandu narkoba, ikut komunitas punk dll. Dikarenakan setiap orang menanggapi suatu problem tersebut dengan cara yang berbeda, ada yang menanggapi masalah kecil di besar-besarkan dan ada pula masalah besar di tanggapi secara biasa saja. Nih ada 4 strategi menghadapi masalah diantaranya;

Tenangkan Hati dan Pikiran 

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menenangkan hati dan pikiran. jernihkan pikiran dan kendalikan emosi hati karena kalau pikirin dan emosi hati yang tidak stabil hanya dapat memperkeruh suasana dan hanya akan membuat panik diri sendiri. Kemudian jangan mengambil suatu keputusan secara tergesa-gesa di sertai amarah yang kurang stabil. Ini solusi mudah menenangkan pikiran kamu yaitu dengan membaca kalam Allah yakni Al-Qur’an minimal selama 30 menit dengan tartil dan penuh penghayatan insya Allah pikiran menjadi tenang.

Berfikir Positif

Cobalah untuk berfikir positif kemudian perlu diingat bahwa Allah memberikan suatu masalah pasti memiliki jalan keluar dan setiap masalah sebesar apapun yang dihadapi tidak akan melebihi kesanggupan hamba-Nya. Dalam semua masalah yang terjadi pada dirimu pasti kamu sanggup mengatasinya dengan baik.  Cobalah bersifat ikhlas dan berfikir positif, kemudian mengambil hikmah dari masalah yang kamu alami mungkin untuk menaikan derajat kamu, untuk memperoleh pelajaran, untuk peringatan atas perbuatan yang  telah kamu lakukan selama ini dll. Kemudian carilah jalan keluar masalah tersebut dengan bercerita kepada orang tua, teman baik, guru dan sebagainya yang sekiranya bisa memberikan solusi baik. Setelah kamu mendapat solusi perlu dipikirkan bahwa solusi yang kamu dapat tidak dapat merugikan dirimu sendiri, tidak membahayakan orang lain atau orang banyak.

Memohon Pertolongan Allah



Setelah kamu berusaha keras untuk mencari solusi tersebut namun tidak ada hasil maka saatnya kamu untuk mengembalikan masalah tersebut kepada  Allah. Mintalah pertolongan untuk mencari jalan keluar yang baik menurut Allah. Karena jalan keluar yang baik menurut kamu belum tentu baik menurut Allah dan apabila baik menurut Allah maka akan baik untuk kamu. Perlu diingat bahwa Allah menciptakan sesuatu berpasang-pasangan, Allah memberikan penyakit  Allah memberikan obatnya, begitu dengan Allah memberikan problem Allahpun memberikan solusi. YAKIN hal itu yang penting kamu yakin.

Terlarang Mudah Putus Asa

Kamu jangan mudah berputus asah dan mengeluh berlebihan terhadap masalah yang dihadapi sekarang. cobalah pikirkan sejenak, bahwa ada orang mendapat lebih berat  beban masalah yang bertubi-tubi daripada masalah kamu. Dan pikirkan apabila kamu putus asah kemudian lari ke jalan negatif kamu hanya akan menyakiti dan merugikan diri sendiri. Apakah kamu mau meninggal konyol? Meninggal dengan cara konyol dengan menggunakan narkoba, bunuh diri, minum obat-obatan dll. Padahal  apabila kamu mengambil jalan positif seperti hidupmu untuk mendalami untuk belajar agama dengan baik, bekerja untuk kemaslahatan orang , membantu warga disekitar rumahmu .bahwasanya hidupmu sangat berguna bagi banyak orang. Sebagi umat islam jangan mudah berputus asa karena Sikap putus asa sangat di benci Allah dan Rasul.
Mari bareng - bareng berbenah diri untuk menjadi baik, sayapun masi belajar dan terus belajar. Sekian penjelasan Strategi Menghadapi Masalah semoga bermanfaat. 
 kunjungi arikel menarik lainnya
 6 Cara Menyampaikan Presentasi Anti Grogi
7 Cara Mengatasi Masalah Hidup yang Datang Bertubi-tubi

Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget