5 keuntungan nyantri sambil kuliah



5 keuntungan nyantri sambil kuliah

Nyantri adalah sebutan perkumpulan Orang yang mendalami agama islam secara bersungguh-sungguh dengan baik. Kata nyari menurut sebagian orang begitu mengerikan,menyeramkan, begitu menakutkan dan berbagai pikiran atau pandangan negatif lainnya. Padahal kenyataanya nyantri itu menyenangkan, seru, mengasikan dan tidak seperti pikiran negatif yang telah dibayangkan. Apalagi kalau nyantri sambil kuliah lebih penuh tantangan dan memiliki keuntungan untuk diri sendiri atau untuk dimasyarakat. Nah  5 keuntungan nyantri sambil kuliah diantaranya;

Lebih aman

Kalau kamu seorang mahasiswa kemudian tempat tinggalmu jauh dari kampus sambil nyantri itu lebih baik. Kok kenapa lebih baik? Iya karena lebih memperoleh keamanan di bandingkan kamu ngontrak atau ngekost. Coba difikirkan kembali kalau ngekost kamu tidak memperoleh banyak keuntungan sebanyak di pondok. Kalau di kontrakan atau dikostan memperoleh kebebasan sehingga kamu mudah terjerumus kedalam pergaulan bebas seperti narkoba, seks dll. namun dipondok kebebasan itu hanya sedikit karena setiap waktu digunakan untuk kegiatan yang mengandung kebaikan, baik untuk mengaji, belajar untuk mengerjakan tugas kampus. Sehingga kamu mendapatkan keamanan, memperoleh ilmu agama, menjadikan dirimu lebih disiplin.

Bisa manajemen waktu

Memang mondok itu penuh dengan berbagai jenis kegiatan dan aturan pondok. Tapi menjadi santri sambil kuliah bagi saya adalah tantangan tersendiri. Karena dengan nyantri sambil kuliah itu hebat, bisa mengatur waktu dengan baik. tanpa sadar kamu telah bisa manajemen waktu dengan baik. Kamu telah bisa membagi waktu untuk untuk mendalami ilmu agama islam dan mengatur waktu belajar mendalami ilmu dunia atau kuliah. Sehingga waktu mudahmu tidak terbuang sia-sia, tidak sibuk dengan retorika dan dinamika, dunia, lalai karena terpesona akan kecanggihan teknologi.

Terbiasa ta’at pada aturan

Terdengan kata santri mungkin dalam benak kamu adalah penuh aturan. Memang dibenarkan kalau nyantri itu padat dengan berbagai aturan yang mencengkam, ketat, tidak bebas, penuh hukuman. Namun perlu diketahui, adanya aturan tersebut pastinya untuk kebaikan diri sendiri dan agar terbiasa ta’at bukan hanya saat nyantri tapi keta’atan tersebut tetap dilakukan saat hidup bermasyarakat kelak sudah tidak nyantri.

Lebih berprestasi

Kamu lebih sering untuk membaca buku, dan mengerjakan tugas mata kuliah ketimbang baca hp karena hp dikumpulkan. Selain jika ada waktu senggang pasti kamu digunakan untuk belajar karena akan terasa waktu senggang sedikit sekali dan akan terasa sangat berarti. Ngomong-ngmong belajar kamu juga Bisa belajar bersama-sama untuk mengerjakan tugas mata kuliah dengan teman atau kakak tingkat yang memiliki prodi yang sama. Sehingga kamu lebih berprestasi di bidang akamdemi.

Belajar ngantri

Di pondok biasa serba ngantri baik itu ngantri makan, ngantri mandi, ngantri nyuci pakaian dll. Sehingga kalau telah terbiasa belajar ngantri maka sikap ngantri atau tidak mengutamakan diri sendiri kelak bisa diterapkan apabila kelak hidup bermasyarakat atau sudah tidak nyantri telah memiliki belakal. Belajar ngantri ini untuk menghilangkan sikap ego pada diri sendiri.
Nah, itulah 5 keuntungan nyantri sambil kuliah yang akan kamu peroleh. selain itu banyak  moment kenangan yang tak terlupakan mulai dari kebersamaan, persahabatan, kesopanan. kalau kamu sudah tidak nyantri baru akan terasa kenangan ketika kamu masi menjadi seorang santri. Sekian semoga dapat bermanfaat.
kunjungi juga artkel menarik lainnya

3 Tips Sukses dalam Segala hal




Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget