6 Cara Menyampaikan Presentasi Anti Grogi


6 Cara Menyampaikan Presentasi Anti Grogi


Pada suatu ketika kamu sedang menunggu giliran untuk melakukan presentasi. Maka perlu mempersiapkan segalanya. terkadang walaupun sudah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum melakukan presentasi, namun perasaan grogi itu tetap muncul maka kamu harus menghilangkan rasa grogi tersebut. Ketika perasaan grogi kamu muncul seolah-olah dada berdebar-debar, keringat dingin, darah mengalir lebih cepat, bibir bergetar seketika wajah audiens berubah menyeramkan atau menakutkan, Padahal itu hanya perasaan saja. Nah, ini tips untuk mengilangkan rasa grogi diantaranya;

Tenangkan Diri
Sebelum melakukan presentasi berusahalah untuk tenangkan diri dengan cara aturlah napas kamu. Tarik nafas dalam - dalam, kemudian keluarkan lambat-lambat atau pelan. Keluarkan energi yang meletup-letup di dada kamu melalui melalui hembusan napas yang teratur, tenangkan emosi dan hindari pikiran yang memikirkan hal yang tidak berkaitan dengan materi presentasi kamu. Jangan sampai mengganggu jika kamu.

Bersikap Tanpa Beban
Kamu harus bersikap seolah-olah tanpa memiliki beban. Kenapa harus begitu? hal ini penting karena apabila kamu sedang melakukan presentasi di khawatirkan kamu memikirkan beban-beban masalah baik itu masalah dirumah, pekerjaan, dll. hal ini akan mempengaruhi hasil presentasi kamu menjadi tidak maksimal baik. Selain itu,  perasaan kamu biasanya dibebani oleh kekuatan untuk membuat kesalahan, kekhawatiran akan gagal, kecemasan dan berbagai bayangan negatif lainnya. Kamu bias menggunakan energi grogi tersebut secara positif, maka terlebih dahulu kamu harus menetralisir emosi-emosi negatif. Bersikaplah seakan-akan tidak ada sesuatu yang patut kamu takutkan.

Kerahkan Energi
Kerahkan energi kamu kemudian lepaskan energy itu dari kekangannya. Berdirilah dengan sigap, berjalanlah dengan tegap dan mantap. Bila perlu, hembusan napas lepas sambil berteriak kecil “YES” atau kamu ikut bertepuk tangan menyambut aplaus dari para audiens. lakukan segalanya dengan sikap tegas. 

Bicara Dengan Keras Dan Lantang
Kamu bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan rasa grogi tersebut. Apabila kamu berbica lambat  maka bibir kamu semakin gemetar, suara kamu bergetar. Salurkan rasa grogi kamu melalui suara yang keras dan lantang. Suara keras kamu bukan hanya dapat mengatasi rasa kecemasan, namun sarana menyalurkan energi tersebut. Di sarankan kamu menghafal teks pertama kamu sebelum melakukan presentasi.

Diam Sejenak
Kamu dapat menyalurkan ketegangan dalam diri kamu kepada audiens, yaitu dengan memulai presentasi kamu dengan diam selama beberapa detik. Biarkan ketegangan kamu terserap dan menjadi ketegangan audiens. Apabila kamu merasa ketegangan audiens sudah cukup meninggi, mulailah presentasi kamu dengan sebuah pembukaan yang kuat, tajam, dan secara lantang.

Bersikap Humor Yang Wajar
Kamu mencoba menerapkan Lontaran sikap humor yang secara wajar saat presentasi. Lontarkan kegugupan kamu dengan sedikit memberi humor yang wajar untuk menghilangkan ketegangan tersebut. Kamu perlu merencanakannya dengan baik namun jangan sampai kehilangan spontanitas. Namun humor terbaik yang tidak melukai perasaan siapapun.
Sekian penjelasan mengenai 6 cara menyampaikan presentasi anti grogi dan yang perlu kamu ingat kunci utama untuk menuju keberhasilan adalah matangan materi presentasi dengan kemasan menarik,penyajian sikap yang baik.
 baca artikel menarik lainnya
4 cara menghilangkan kejenuhan di pondok
3 Cara Jitu Menjadi Mahasiswa Baru yang Berprestasi









Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget