Terlarang !! 7 hamparan bumi tidak diperbolehkan digunakan shalat


Terlarang !! 7  hamparan bumi tidak diperbolehkan digunakan shalat


 Pada dasarnya semua hamparan bumi diperbolehkan digunakan untuk melakukan shalat, tetapi ada beberapa tempat pula yang tidak boleh untuk melakukan shalat di tempat tersebut baik itu di hukumi makru maupun haram. Shalat merupakan sebuah kewajiban yang mana Allah mewajibkan shalat ini kepada hambanya yang mukmin , tempat yang digunakan shalat adalah tempat yang memiliki kesucian. Maka, dari itu bagi yang akan shalat  hendaknya memiliki tempat yang suci serta tidak ada hak orang lain semisal shalat  di tengah jalan.Tidak boleh pula shalat diatas tempat yang najis semisal diatas makbaroh, tempat untuk penyembelihan ,  tempat pembuangan sampah dan tempat yang diduga kuat tidak bisa dihindarkan  pada najis. Seperti  kamar pemandian, tidak boleh pula shalat ditempat yang tadi  perlindungan syetan semisal tempat berteduhnya para onfa (tempat najis). Tidak boleh pula shalat  di atas ka’bah dikarenakan tidak ada wujud menghadap kiblat. Nah,di kutip  dari  kitab bulugul maram karya Ibnu Hajar Al- Asqalani  terdapat 7  hamparan bumi tidak diperbolehkan digunakan shalat di antaranya;

 Makbaroh 

 

Yaitu tempat untuk mengubur mayit. Menurut  imam ahmad dan beberapa pengikutnya bahwasannya diharamkan shalat diatas kuburan  Dan tidak sah shalatnya. Hal ini berdasarkan keumuman hadits sedangkan imam abu hanifah menyatakan bahwa dimakruhkan shalat diatas kuburan, dalam hal ini tidak ada perbedaan kuburan yang sudah digali sekali atau belum. Imam malik berpendapat  boleh shalat diatas kuburan tanpa ada hukum makruh selama tidak di ketahui najisnya. Sedangkan imam syafi’i memerinci status shalat  dikuburan yaitu :
  1. Jika tanah kuburan itu telah digali  kemudian bercampur dengan daging mayit, nanahnya mayit  dan segala sesuatu yang keluar dari mayit  maka tidak diperbolehkan shalat  dikuburan tersebut dikarenakan  terdapat najis.
  2. Jikalau shalat di kuburan berada ditempat yang suci  maka shalatnya diperbolehkan.
  3. Jikalau tanah kuburan itu belum digali dan jikalau ragu di dalam status tanah kuburan apakah sudah digali atau belum maka ada dua pendapat sah/tidak.


Al – Hamam


Yaitu tempat pemandian, imam syafi’i dan imam abu hanifah berpendapat bahwa boleh shalat dipemandian namun disertai hukum makruh  jikalau  tidak ada najis, namun jikalau ada najis maka shalatnya tidak sah. Imam malik memperbolehkan shalat  dipemandian  tanpa makruh jika tidak ada najis, imam ahmad berpendapat  atas ketidak sahan  shalat dipemandian baik  ada najisnya atau tidak berdasarkan keumuman dalam hadist.


Tempat penyembelihan dan tempat pembuangan sampah 


Tempat Ini salah satu tempat tidak diperbolehkan untuk melakukan shalat  di karenakan adanya najis di tempat tersebut.


Jalan Umum


Larangan ini karenakan berkaitan dengan mengganggu  hak orang lain dan kemungkinan juga orang lain yang lewat bisa mengganggu orang yang sedang shalat.


Tempat Berteduhnya Binatang Piaraan


Larangan di tempat ini dengan alasan pelarangan ini adalah karena tempat tersebut menjadi tempat  berlindungnya para syetan. Dan dikhawatirkan  bisa terjadi ketidak nyamanan yang bisa merusak shalat.


Shalat diatas ka’bah 


Apabila shalat di dalam ka’bah hukumnya di perbolehkan namun apabila melakukannya shalat diatas ka’bah terlarang hal ini terjadi karena tidak ada sesuatu yang dihadap.


tanah rampasan pemilik


apabila melakukan shalat di tanah  ramapasan dari pemilik tanah tersebut maka hukum nya harm menurut ijmak ulama

 Sekian penjelasan mengenai hamparan bumi yang tidak diperbolehkan untuk melakukan shalat, apabila ada kesalahan dan kekurangan mohon dimaklumi karena kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari saya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.
baca juga artikel menarik lainnya

          



 



























































Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget