3 Cara agar tidak berlebihan mencintai dunia


3 Cara agar tidak berlebihan mencintai dunia

Membicarakan tentang dunia tidak akan ada habisnya kawan, padahal hidup di dunia hanya sementara namun banyak orang yang terlena oleh kehidupan dunia. Kita sebagai agama islam harus menyikapi dunia seimbang dengan kehidupan akhirat, karena di dalam agama islam terlarang untuk mencintai dunia secara berlebihan karena dapat berdampak tidak baik pada diri. Selain itu dunia hanya menipu. Allah pernah berfirman dunia layanilah orang yang melayani –KU. Dan  dunia berbudaklah orang yang melayani mu( melayani dunia). Allah pun memerintahkan  dunia untuk memperbudak orang yang melayani  dunia  yakni orang yang lebih mementingkan dan mengutamakan kehidupan dunia di banding mengutamakan melakukan ibadah kepada Allah. Kemudian bagaimana cara menghindari cinta dunia tersebut ? nah disini akan menjelaskan Cara agar tidak berlebihan mencintai dunia di antaranya:

Menyedikitkan makan

Allah swt memerintahkan untuk menyedikitkan makan, karena berlebihan dalam hal makan akan menimbulkan rasa malas dalam ibadah dan melakukan aktivitas lainnya. Kemudian diniatkan makan untuk hidup bukan hidup untuk makan kawan, artinya makan tersebut di perbolehkan untuk dapat tetap hidup namun bukan hidup tujuannya hanya untuk melakukan makan saja kawan. Dalam tubuh Allah telah menentukan porsi makan yakni 1/3 untuk di isi makanan, 1/3 di isi minum atau air, 1/3 untuk bernafas. Sampai makanpun di atur betapa Allah sangat menyayangi  dan memperhatikan kesehatan hambanya kawan.

Tidak menikmati pujian

Salah satu cara agar tidak mencintai dunia secara berlebihan yakni tidak menikmati pujian manusia  di karenakan seseorang yang menikmati pujian dari orang lain terbukti cinta. Maksud dalam hal ini seseorang hanya ingin di puji dan di puji  oleh orang lain  dalam hidupnya. Akibat dari hal itu seseorang tersebut akan membawa karakter kurang baik yakni akan menjadi sombong, pamer, mencari perhatian seseorang, berbuat riya dan harus dan selalu  diketahui orang lain ketika melakukan perbuatan baik. Serta pasti seseorang tersebut  dalam melakukan suatu perbuatan bukan karena mencari ridho Allah namun karena ingin  mencari perhatian manusia. Perbuatan ini terlihat hanya sepela namun padahal berbahaya bagi amal seseorang karena Allah akan menghapus amal baik yang dilakukan karena riya dan apabila tidak segera melakukan taubat.

Bersyukur

Banyak orang yang mengejar dunia, di waktu pagi, siang hingga mala yang difikirka hanya dunia. Merasa kurang dan selalu kurang apa yang dimiliki. Apabila terjadi pada diri maka segeralah bertaubat serta syukuri segala  telah Allah berikan dan  dimiliki kawan. Bersyukur yakni salah satu cara agar menghindari cinta dunia.
Karena dengan bersyukur kita dalam hidup tidak merasakan selalu kurang apa yang telah dimiliki dan dalam kehidupan tidaklah harus selalu memikirkan mengenai dunia. Kawan dalam hidup ini perlu memikirkan tentang kehidupan  akhirat karena kehidupan dunia bersifat sementara kemudian ada kehidupan lain yang bersifat kekal abadi yakni alam akhirat sebagai tempat tinggal atau kehidupan terakhir  kawan.
Kawan sekian sedikit penjelasan Cara agar tidak berlebihan mencintai dunia, kemudian baginda rasulullah s.a.w pernah bersabda “ barang siapa hidupnya untuk akhirat maka Allah akan mencukupkan kebutuhannya, Allah akan menjadikan kekayaan di dalam hatinya” dari hadist tersebut bahwasanya apabila mencintai akhirat serta melakukan amal akhirat maka  duniapun akan mengikuti kita kawan. Pada dasarnya kawan harus mennyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat.

 baca artikel lainnya

6 Adab tata krama tidur





Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget