4 Dasar Kecerdasan Manusia


4 Dasar Kecerdasan Manusia

Di dalam diri manusia terdapat empat kecerdasan. Di sebut kecerdasan dasar dikarenakan kecerdasan tersebut melekat pada diri manusia dan apabila seorang manusia tidak menggunakan empat kecerdasan tersebut maka belum disebut cerdas dan belum di anggap manusia sepenuhnya apabila tidak menggunakan salah satu dari keempat unsur dasar kecerdasan manusia tersebut. Kecerdasan dasar merupakan mengetahui terlebih dahulu potensi yang dimiliki, kemudian potensi dari empat unsur pada diri sejati tersebut di aktifkan. Nah , empat unsur dasar kecerdasan tersebut di antaranya:

SQ : Spiritual  Intelligence ( The Power of Purpose)

SQ atau Spiritual Quotient merupakan salah sala satu dari unsur kecerdasan dasar yang melekat pada diri atau sebuah kecerdasan yang dimiliki manusia dan sering kali kecerdasan SQ dianggap sebagai dasar atau landasan bagi berfungsinya kecerdasan IQ dan EQ. Spiritual  Intelligence memiliki fungsi yakni tujuan hidup saya, makna, nilai hidup, visi. sedangkan dari segi fungsi dalam pembelajaran yakni memberikan arah, tujuan, berupa panduan dan makna. Serta dari segi tujuan pembelajaran dan ciri bahasa berisikan tentang kebenaran tertinggi, kepuasan spiritual, makna tertinggi, tercerahkan, why question, ontologi.

EQ : Emotional  Intelligence ( The Power of Passion )

EQ atau Emottional Quotient (kecerdasan emosional ) berupa perasaan, dari segi fungsi  yakni mengenai nurani saya, jejaring saya, insting , ambisi . sedangkan dari segi fungsi dalam pembelajaran yakni menemukan passion, manfaat, sinergi, keterkaitan dengan konteks, kepenuhan emosional. tujuan pembelajaran dan ciri bahasa yakni memiliki manfaat bagi orang lain dan lingkungan, asosiatif, aksiologi. Fakta menunjukkan bahwa orang yang sukses yang memiliki keterampilan dalam mengelola emosi ketimbang berketerampilan dalam mengelola akal.

IQ :  Ration Intelligence ( The Power of Management )

IQ atau intellectual Quotient di gunakan dalam dunia akademik dan militer,kemudian juga ke profesi lainnya. memiliki fungsi tentang logika, analisis, prediksi , perhitungan, perencanaan, semua yang berkaitan dengan managerial skill pokoknya. Sedangkan dari segi fungsi pembelajaran berupa memberikan pengetahuan, metode, strategi, memenuhi rasa ingin tahu. Serta dari segi tujuan pembelajaran dan ciri bahasa berisikan tentang memahami, observasi, menambah pengetahuan, epistemologi.

PQ : Physique Intelligence ( The power of execution )

PQ memiliki fungsi berupa komitmen, mengenai keterampilan, kedisiplinan diri. Sedangkan fungsi dalam pembelajaran mengenai komitmen dan disiplin diri.
Masing- masing dari keempat unsur diri sejati merupakan kapital atau modal dasar. Sehingga setiap orang mempunyai modal spiritual, emosional modal intelektual dan juga fisik. Namun hal terpenting yang perlu diperhatikan bukanlah anugerah besar memiliki modal kecerdasan dasar, melainkan menggunakannya secara seimbang. Dengan demikian, keempat kecerdasan dasar merupakan anugerah dari sang Maha Pencipta yang di berikan kepada manusia. Maka hal itu tanggung jawab kita sebagai mnausia memelihara dan mengembangkan keempat kecerdasan dasar tersebut kemudian seseorang dapat di sebut cerdas jika memancarkan  keempat kecerdasan secara bersama- sama. Sekian sedikit penjelasan mengenai unsur potensi kecerdasan diri yang harus dikembangkan. Semoga artikel ini bermanfaat kawan.
kunjungi artikel lainnya

3 tips waktu belajar efektif meningkatkan prestasi

11 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan

 







Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget