4 Tips belajar agama dalam penuh kesibukan

4 Tips belajar agama dalam penuh kesibukan

Kawan bahwa Agama islam adalah agama yang sempurna, dalam agama islam segala hal di atur mulai dari perkara kecil seperti tata cara memotong kuku hingga perkara besar. Dan sebagai umat islam kita harus mengetahui aturan serta hukum islam. Dalam hal tersebut kita perlu belajar memperdalam pengetahuan agama islam. Terkadang orang yang beragama islam malas untuk belajar agama islam dengan alasan sibuk. Padahal Setiap orang memiliki kesibukan atau penuh kegiatan yang berbeda- beda, namun dengan banyaknya kegiatan atau aktivitas yang harus dilakukan tersebut tidak menjadikan kita enggan untuk mencari atau belajar ilmu agama. Bahkan seharusnya dalam sesibuk apapun itu, bisa menyempatkan waktu untuk belajar agama islam. Karena belajar atau mencari ilmu hukumnya wajib hingga ke liang lahad bagi setiap muslim. Sudah jelas hukumnya wajib apabila tidak di lakukan maka berdosa. Kemudian ada pertanyaan yang terlontar bagaimana belajar agama di waktu sibuk? saya mencoba memberikan solusi sedikit diantaranya;

 Niat yang kuat

Hal yang paling utama dilakukan adalah niat. Karena dalam hadis arba’in yang intinya bahwa setiap perbuatan atau amal tersebut tergantung niat dan mendapatkannya sesuai yang telah diniatkan. Jadi, kita harus meluruskan niat bahwa niat mencari ilmu karena perintah Allah dan Rasul serta hanya mencari ridho -Nya serta dipenuhi rasa ikhlas. Insya Allah niat tersebut akan kuat karena telah melibatkan Allah di dalamnya. Setelah niat telah sesuai kemudian lakukan tindakan nyata. Karena sangat di sayangkan apabila telah berniat baik namun niat baik tersebut tidak dilakukan.

Meluangkan waktu khusus

Walaupun beragam macam kesibukan yang melanda tentunya pasti ada waktu luang yang tersedia. Meskipun waktu luang tersebut hanya 1 jam bahkan hanya 30 menit gunakan untuk belajar agama. Kita harus memiliki kesadaran bahwa kita beragama islam maka wajib belajar untuk mengetahui hukum- hukum dan aturan yang telah di tetapkan oleh agama islam. Baik itu caranya privat agama, membaca tentang buku agama islam dan lain sebagainya. Tetapi disarankan lebih baik belajar dengan guru agama  langsung yang terpercaya. Seperti mengikuti ngaji di pondok pesntren Bahasa jawanya (mah ngaji kalong). Jadi, sesibuk apapun harus menyisihkan  waktu untuk belajar agama islam. Bahkan pernah Dalam sebuah hadits pun disebutkan bahwa betapa pentingnya mencari ilmu.

Menggunakan teknologi

Kita tidak bisa di pisahkan dari teknologi namun itu tidak  bisa dipungkiri. Apalagi dengan gadget yang selalu di bawa kemana – mana bahkan ke kamar mandipun membawanya. Maka dari itu gunakan gadget ita menjadi manfaat dan barokah dengan digunakan untuk belajar agama seperti membaca artikel berkaitan dengan agama islam, isi konten hp berupa hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Seperti konten al-qur’an yakni mengenai hukum tajwid, makna ayat lain sebagainya.

Penuh kesabaran

Dalam berproses belajar mencari ilmu agama kita harus penuh dengan kesabaran. Karena ujian tentu saja datang untuk menguji seberapa kesungguhan kita dalam mencari ilmu agama. Sifat sabar tersebut harus tertanam kuat- kuat di dalam hati. Dalam dalam istiqomah belajar ilmu agama, sabar di anggap seperti orang alim oleh orang lain, sabar di lecehkan, di hina dan lain sebagainya.
Sekian sedikit  penjelasan mengenai Tips belajar agama di waktu yang sibuk, semoga bisa diterapkan dan semoga artikel ini membawa manfaat bagi yang membacanya.


Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget